Travel
6 Negara Di Dunia yang Tidak Memiliki Bandara
Penulis Verina, 2 Juli 2020.

Bandara merupakan infrastruktur yang paling penting dan berperan signifikan dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Tak heran jika setiap negara di dunia memiliki Bandara, bahkan beberapa negara memiliki lebih dari satu Bandara. Tujuannya ialah untuk mempemudah mobilitas warga negaranya dari satu daerah ke daerah lainnya.

Tak hanya itu, Bandara juga merupakan peranan penting bagi suatu negara dalam mengembangkan sektor Pariwisata. Tak bisa dipungkiri, sektor pariwisata merupakan sektor andalan untuk mendatangkan devisa besar bagi suatu negara.

Namun, ternyata ada beberapa negara yang tidak memiliki Bandara. Berikut negara-negara yang tidak memiliki Bandara

 

MONAKO

foto : klook.com

Negara yang hanya memiliki jumlah penduduk sekitar 36.000 jiwa dan diklaim sebagai negara terkecil kedua didunia ini tidak memiliki Bandara. Negara ini berbatasan di tiga sisi dengan Perancis, sedangkan satu sisi lainnya berbatasan dengan Laut Mediterania. Maka dari itu penduduk Monako yang ingin berpergian ke luar negeri dan ingin menggunakan pesawat terbang harus rela menempuh perjalanan ke Perancis, karena Bandara terdekat adalah Côte d’Azur di kota Nice, Perancis.

 

VATIKAN

foto : pikiran-rakyat.com

Negara terkecil di dunia ini hanya memiliki luas sekitar 44 hektar saja dengan jumlah penduduk tidak lebih dari 1000 jiwa. Vatikan sendiri berada di tengah kota Roma, Italia. Jika penduduk kota Vatikan ingin melakukan perjalanan udara, mereka hanya perlu pergi ke kota Roma yang memiliki dua Bandara, yaitu Bandar Udara Internasional Leonardo da Vinci dan Bandar Udara Ciampino Roma. Namun negara ini memiliki sebuah Helipad, landasan helikopter yang biasa digunakan oleh Paus dan kepala negara atau tamu kehormatan yang datang berkunjung.

 

LIECHTENSTEIN

foto : worldtravelguide.net

Negara yang tidak memiliki Bandara berikutnya adalah Liechtenstein, sebuah negara yang berada di antara Swiss dan Austria. Penduduk dari negara ini berjumlah sekitar 35.000 jiwa dengan luas wilayah 160 kilometer persegi. Penduduk Liechtenstein yang ingin melakukan penerbangan harus pergi ke Bandara Utama Zürich atau Bandara Umum St. Gallen di Swiss. Diperlukan jarak sekitar 130 kilometer dari Liechtenstein menuju Bandara Utama Zürich dan 50 kilometer menuju Bandara Umum St. Gallen.

 

SAN MARINO

foto : foodfuntravel.com

Negara San Marino berada di dalam negara Italia, dengan luas wilayah hanya 61 kilometer persegi dan penduduknya berjumlah sekitar 30.000 ribu jiwa. Sayangnya negara ini juga tidak memiliki Bandara, sehingga penduduk San Marino harus pergi ke Bandara Internasional Federico Fellini di kota Rimini, Italia jika ingin melakukan perjalanan udara.

 

PALESTINA

foto : voi.id

Palestina menjadi Negara yang tidak memiliki Bandara selanjutnya. Sebetulnya Palestina memiliki Bandara di tahun 1998 yang bernama Bandara Internasional The Yasser Arafat di Jalur Gaza, namun pada tahun 2000 Bandara tersebut hancur karena serangan dari Israel. Sekarang penduduk Palestina harus menuju negara Israel untuk melakukan penerbangan dari Bandara Internasional Ben Gurion yang berjarak 42 kilometer dari kota Betlehem.

 

ANDORRA

foto : alowisata.com

Negara yang tidak memiliki Bandara Internasional terakhir adalah Andorra. Negara ini berada di antara Spanyol dan Prancis, dengan luas wilayah 468 kilometer dan memiliki penduduk sekitar 85.000 jiwa. Jika ingin menaiki pesawat terbang, warga Andorra ke Bandara Barcelona-El Prat di Spanyol atau Bandara Toulouse di Perancis. Keduanya dapat ditempuh selama tiga jam perjalanan dari ibukota. Meskipun tidak memiliki Bandara, Andorra memiliki tiga helipad yang terletak di La Massana, Arinsal, dan Escaldes-Engordany.

 

Itulah 6 Negara yang tidak memiliki Bandara Internasional. Temukan berita menarik lainnya di Cariaja.com dan jangan lupa juga download aplikasi CariAja di Playstore.

Tags: